Halaman

Kamis, 30 September 2010

Ujian KKP I

Tanggal 29 September kemarin saya mengikuti ujian Kuliah Kerja Praktek (KKP) bersama teman-teman dengan dipandu seorang dosen untuk mengujinya. Ujian kali ini memang disetting santai oleh dosen ini. Pembicaraannya pun jauh dari menghakimi, melainkan sekedar mencari informasi mendalam mengenai kegiatan KKP yang telah teman-teman dan saya lakukan di Kabupaten Kotabaru Kalimantan selatan, lokasi KKP.
Dalam ujian yang dilakukan sekitar 1.5 jam di ruang diskusi ini, banyak hal yang menyadarkan dan membuat saya bersemangat untuk memperbaiki diri. Saya makin memahami tentang kemampuan berbahasa saya dalam menulis yang masih lemah. Saya sebelumnya memang telah mengetahui bahwa saya harus lebih banyak melatih diri melalui menulis. Tapi semuanya butuh proses. Dalam makalah ujian KKP tersebut, dosen menilai memang kemampuan menulis saya lemah. Saya yang pada saat itu juga membaca makalah tulisan tersebut mengakui bahwa tulisan saya masih belum enak dibaca.
Pada ujian tersebut saya hanya bisa mengatakan dengan jujur pada dosen, “iya bu, saya memang mengaku masih lemah dan perlu dilatih untuk kemampuan menulis saya”. Dosen tersebut alhamdulillah memahami kelemahan menulis saya. Beliau hanya menyarankan saya untuk sering membaca buku dan latihan terus untuk menulis. Disamping itu, beliau juga mengatakan bahwa dalam penulisan pasti ada pola Subjek-Predikat-Objek-Keterangan, jadi itu harus diperhatikan saat saya sedang menulis.
Akhirnya, ujian KKP pertama selesai bersama dosen yang memberikan berbagai pelajaran dan semangat baru bagi saya berakhir. Saya sangat berterima kasih pada dosen tersebut yang telah bersikap santun dalam menyampaikan berbagai kesalahan dalam penulisan makalah. Sekarang saya memiliki target untuk membantu saya mengasah kemampuan menulis saya dengan berkomitmen bahwa saya akan selalu menulis berbagai hal setiap hari agar makin meningkatkan kemampuan berbahasa saya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar